Inilah Rekomendasi 5 Tempat Wisata di Toraja Paling Berkesan

tempat wisata di Toraja
tempat wisata di Toraja

Inilah Rekomendasi 5 Tempat Wisata di Toraja Paling Berkesan. Kabupaten Tana Toraja yang dipimpin bupati bernama Ir. Nico Biringkanae merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan. Kabupaten ini memiliki luas sebesar 2.054,30 km2 dan Makale sebagai ibu kotanya.

Mendiami daerah pegunungan, Suku Toraja tetap melaksanakan gaya hidup khas Austronesia asli dan mirip dengan budaya Nias. Bahasa resminya adalah Bahasa Indonesia, sedangkan bahasa sehari-harinya adalah Bahasa Toraja dengan beraneka ragam dialek.

Terkenal dengan budayanya yang unik, Tana Toraja menjadi pusat pariwisata di Sulawesi Selatan. Selain itu, terdapat pula berbagai kawasan wisata menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara. Berikut adalah 5 kawasan wisata yang patut dikunjungi selagi mengunjungi Tana Toraja:

Tempat Wisata di Toraja yang Seru

 

READ  Salah Satu Contoh Wisata Bahari adalah Pulau Weh
tempat wisata di Toraja
tempat wisata di Toraja

Desa Batutumonga

Berjarak sekitar 14 km dari pusat Rantepao, desa ini memanjakan mata dengan pemandangan alam Rantepao dari ketinggian 1300 meter. Dengan ketinggian ini, desa ini sering disebut sebagai negeri di atas awan. Batutumonga memberikan ketenangan dan udara yang amat sejuk, jadi sangat cocok untuk dijadikan tempat bersepeda maupun olahraga ringan lainnya. Tak sedikit penjelajah yang melakukan tracking menuju Gunung Sesean melalui terasering sawah Batutumonga.

Desa Kete Kesu

Terletak di Toraja Utara, kawasan pemandangan persawahan dan perbukitan, desa ini menyuguhkan keindahan alam yang memanjakan mata. Terletak 4 km dari Ratenpao ini masih sangat segar. Di desa ini terdapat sebuah kompleks Tongkonan, rumah adat Tana Toraja. Rumah adat ini sering dijadikan tempat penyimpanan mayat sementara sebelum dimakamkan warga setempat.

Pada bagian atas dari tebing desa ini ada kuburan batu dengan bentuk seperti perahu. Tulang belulang dan tengkorak orang-orang yang meninggal pada masa lalu disimpan dalam kuburan ini. Beberapa titik dari tebing juga menjadi tempat peletakan berbagai sesajen yang dipercaya menjadi makanan kesukaan para arwah.

READ  Tempat Wisata Di Papua Yang Wajib Anda Kunjungi!

Kuburan Londa

Kompleks kuburan ini terletak pada sebuah tebing batu besar, sekitar 7 km dari Rantepao. Tiba di pelataran gua, pengunjung akan disambut oleh tau-tau yang merupakan jajaran patung orang meninggal, dibuat menyerupai orangnya. Tau-tau ini hanya dibuat bagi para bangsawan, proses penguburannya pun dilaksanakan dengan upacara adat tertinggi, tidak bagi orang biasa. Di dalam lubang gua, sejumlah peti mati tradisional diletakkan secara berjajar. Langit-langit gua juga menjadi tempat digantungnya beberapa peti mati.

Dikelilingi pegunungan dengan kesegaran alami, Anda akan merasakan nuansa gaib sekaligus dingin yang membuat bulu kuduk Anda berdiri. Gua-gua dengan kedalaman 1 km ini dapat diakses dengan penerangan cukup. Jika Anda ingin memasukinya, berhati-hatilah, karena jalannya cenderung licin dan sempit.

READ  Tempat Wisata Di Papua Yang Wajib Anda Kunjungi!

Sarambu Marintang

Desa Kalean, Mengkendek juga memiliki kawasan wisata alam teramat menakjubkan, yaitu Sarambu Marintang berupa air terjun tujuh tingkat dengan ketinggian berbeda-beda. Meskipun harus berjalan sekitar 500 meter dari lahan parkir kendaraan, banyak wisatawan yang rela menempuhnya demi merasakan kesejukan dan kejernihan airnya.

Ollon, Tempat Wisata di Toraja untuk Berkemah

Toraja juga mempunyai dataran tinggi hijau menyerupai Bukit Teletubbies bernama Perbukitan Ollon. Berlokasi di Bau, Bonggakaradeng dengan jarak sekitar 40 km dari kota Makale, Anda bisa berkemah dan menikmati kesejukan udaranya dan menyaksikan keindahan alamnya. Kawasan indah ini sering dijadikan tempat prewedding.

Demikianlah 5 tempat wisata di Toraja yang patut dikunjungi agar memperoleh memori yang berkesan. Selamat menjelajahi Tana Toraja! Jangan lupa untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kebersihan kawasan wisata yang dikunjungi.